Tentang Rumah Zakat

Rumah Zakat berbeda dengan lembaga amil zakat yang lainnya. Dengan misi untuk membangun kemandirian dan pelayanan masyarakat, Rumah Zakat kini ada pada tingkat yang lebih tinggi; yakni sebagai organisasi sosial keagamaan yang berkelas internasional. Dengan menanamkan tiga nilai organisasi baru; trusted, progressive, dan humanitarian, serta mengusung positioning baru; yakni Sharing Confidence.

Makna dari brand positioning Sharing Confidence dari Rumah Zakat adalah Rumah Zakat keyakinan kuat untuk berbagi dan menciptakan masyarakat global madani yang lebih baik, dengan menjadi organisasi terdepan di kawasan ini yang menjamin program efektif dan berkesinambungan dalam memberdayakan masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.

Secara singkat, Rumah Zakat yakin bahwa dengan saling berbagi, akan tercapai sebuah masyarakat yang lebih baik. Seiring dengan perubahan tersebut, identitas Rumah Zakat pun mengalami sebuah perubahan. Identitas ini mengambil inspirasi dari perjalanan panjang Rumah Zakat sebagai organisasi kemanusiaan yang membangun kemandirian dan pelayanan masyarakat.

Secara keseluruhan desain menggambarkan organisasi yang berkomitmen untuk terus memberi dan berbagi kepada masyarakat. Rumah dengan pintunya menjadi perlambangan sebuah organisasi yang terbuka dan memberi kebaikan dari dan untuk masyarakat. Bentuk rumah yang tampak seperti tanda panah mengarah ke atas melambangkan pergerakan organisasi Rumah Zakat yang progresif dan terus membangun kemandirian masyarakat. Sementara hati menandakan cinta kasih yang menjadi landasan bagi Rumah Zakat dalam menjalankan aktivitas kemanusiaan dan pemberdayaan.Sebuah jalinan empati dan sinergi telah terjalin hangat dalam 13 tahun terakhir. Rumah Zakat berusaha menjadi jembatan dan rumah terbaik bagi muzakki (donatur) dan mustahik (penerima manfaat), saling bergandeng tangan berkontribusi menata peradaban yang lebih baik.

Terima kasih kepada segenap Sobat Zakat, semoga semuanya menjadi amal sholih untuk bekal berjumpa dengan Allah SWT, sebagai karya yang membuat Rasulullah SAW membuncah dalam senyum dan gembira.

13 Alasan Mengapa Rumah Zakat Pantas Menjadi Mitra Anda?

  1. Rumah Zakat telah berdiri selama 13 tahun dan menjadi salah satu perintis pengelolaan zakat, infaq, shadaqah dan filantropi Islam secara profesional, dikelola sebagai sebuah profesi setiap hari, 6 hari kerja, dengan sumber daya manusia 99% di bawah 35 tahun, mayoritasnya sarjana dan D3 dari berbagai perguruan tinggi terkemuka.
  2. Indonesia adalah negara bahari dan kepulauan karenanya Rumah Zakat hadir tak hanya di pulau Jawa namun menyebar dengan jaringan terbesar dibanding lembaga pengelola sejenis. Hingga 2011, Rumah Zakat telah memiliki 44 jaringan kantor di 38 kota besar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua dengan pola hubungan pusat-cabang yang kokoh dan terintegrasi.
  3. Rumah Zakat mengembangkan manajemen dana zakat, infaq, shadaqah, dan dana kemanusiaan lainnya berbasis komunitas baik per kecamatan maupun kelurahan yang disebut ICD, Integrated Community Development. Setiap ICD ditangani oleh minimal 1 orang Member Relationship Officer (MRO) ditambah 3-5 relawan yang mengembangkan 3 program utama; Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), dan Senyum Mandiri (kesejahteraan ekonomi) sehingga terbentuklah keluarga mandiri. Kini telah terbentuk 121 ICD yang akan terus bertambah.
  4. Program yang dikembangkan Rumah Zakat cukup sederhana, populis tapi terasa di masyarakat. Ini bisa dilihat dari program unggulan seperti Armada Kesehatan Keluarga (AMARA), Ambulans Ringankan Duka (ARINA), dan Mobil Jenazah, yang kini telah tersedia 56 unit mobil yang siap melayani masyarakat secara gratis. Program-program nyata inilah kiranya yang ikut menguatkan 88.616 donatur (Juli 2011) semakin percaya pada Rumah Zakat.
  5. Zakat masyarakat terdayagunakan secara optimal dan nyata melalui berdirinya program centre seperti : (a) 11 Sekolah Juara. 10 SD Juara di Bandung, Cimahi, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan satu SMP Juara di Bandung. Sekolah Juara Rumah Zakat juga mendapat Best     Empowerment In Education dalam Indonesia Magnificence of Zakat Award 2010. (b) 16 Pusat Pengembangan Potensi Anak (P3A) di hampir seluruh cabang Rumah Zakat, dengan 1567 anak asuh. Secara reguler program Senyum Juara juga mengelola santunan Beasiswa Ceria untuk 44.551 anak asuh. Dua kali dalam satu bulan diselenggarakan pembinaan Kids Learning Centre yang diikuti oleh 43.211 anak asuh tersebar di 121 ICD. (c) 7 Rumah Bersalin Gratiis (RBG) di Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Medan, Pekanbaru, dan Surabaya. Selain itu di Jakarta Utara, Rumah Zakat memiliki satu Klinik Sehat JICT yang     melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan masyarakat tak mampu. Cabang-cabang yang belum memiliki RBG kini juga telah mampu melayani kesehatan ibu dan anak melalui program     Layanan Bersalin Gratis (LBG), bekerjasama dengan bidan mitra. Saat ini Rumah Zakat memiliki 17 LBG yang tersebar di berbagai kota. (d) Empowering Centre di berbagai kota sebagai pusat kegiatan kemandirian masyarakat yang menjadi tonggak pemberdayaan di wilayah ICD.
  6. Pengelolaan zakat selain harus maju juga tetap harus sesuai dengan koridor syariah (sharia comply). Rumah Zakat secara rutin berkonsultasi dengan Anggota Dewan Syariah Nasional, Ustadz DR. Setiawan Budi Utomo, Lc., MM. yang juga dikenal sebagai salah satu pakar ekonomi syariah di Indonesia, serta Ustadz Kardita Kintabuwana, Lc., yang merupakan Dewan Syariah Rumah Zakat.
  7. Pengelolaan dana masyarakat dilakukan secara amanah didukung teknologi komunikasi modern menghubungkan seluruh jaringan kantor secara online. Setiap perkembangan donasi bisa terpantau secara real time, saat ini sedang dikembangkan sistem informasi untuk memantau perkembangan implementasi program secara online, web based.
  8. Badan hukum boleh Yayasan tapi budaya kerja full corporate. Presensi kehadiran dilakukan secara online, mulai masuk pagi, masuk habis jam istirahat siang, hingga jam kepulangan. Setiap yang terlambat dikenakan denda bervariasi mulai Rp 100.000,- hingga Rp 750.000,- per hari meskipun hanya terlambat 1 detik. Sistem reward & punishment berjalan baik dengan dukungan sistem Human Resource Development yang online dan transparan.
  9. Meskipun utamanya diikuti segmen personal, Rumah Zakat juga telah dipercaya banyak perusahaan dan komunitas. Tercatat hingga Juli 2011, lebih dari 505 perusahaan nasional dan daerah (beraset Rp 500 juta ke atas) bergabung menjadi mitra. Rumah Zakat juga mendapat apresiasi positif dari PBB (United Nations) dalam program-programnya yang banyak mendukung Millenium Development Goals (MDGs).
  10. Para donatur dan masyarakat secara umum dapat mengakses layanan secara mudah dengan beragam kemudahan berdonasi. Baik via visitin’ counter, dijemput oleh ZIS Consultant, via ATM, mobile banking, internet banking, donasi via kartu debet dan kartu kredit, autodebet, maupun donasi via sms. Mitra online juga bisa berkonsultasi seputar zakat dan layanan via website http://www.rumahzakat.org maupun Sms centre di nomor 0815 7300 1555, Email centre welcome@rumahzakat.org, Call centre 0804 100 1000.
  11. Tujuh dari delapan Millenium Development Goals (MDGs) telah dilakukan Rumah Zakat, antara lain: penghapusan kemiskinan, pendidikan untuk semua, persamaan gender, penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, pelestarian lingkungan hidup, dan kerjasama global. Melalui program-programnya, Rumah Zakat semakin mengokohkannya melalui pemantauan lebih detail di setiap komunitas pemberdayaan terpadu. Diharapkan usaha ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Millenium yang menargetkan pada tahun 2015, kemiskinan bisa ditekan hingga 50%.
  12. Pada tahun 2009 Rumah Zakat memperoleh penghargaan sebagai LAZNAS Terbaik Kedua dari Islamic Finance Award & Cup dan The Best Organization in Zakat Development dari Indonesia Magnificence of Zakat Award. Kemudian pada tahun 2010, Rumah Zakat juga menyabet Social Entrepreneurship Appreciation dari Majalah SWA. Penghargaan tersebut diperoleh berkat sinergi dan kepercayaan yang diberikan oleh Sobat Zakat kepada Rumah Zakat dalam mengelola ZIS serta dana-dana kemanusiaan lainnya.
  13. Pada tahun 2010 Rumah Zakat menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional terbaik versi majalah SWA. Rumah Zakat juga menjadi The Best Fundrising Award 2010 dari Indonesia Magnificence of Zakat.

One thought on “Tentang Rumah Zakat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s